Friday, September 14, 2012

ARTI PENTING PPSMB


Awal masa perkuliahan dibutuhkan pembelajaran agar para mahasiswa baru dapat menjadi orang yang lebih berbobot. Maka dari itu, setiap universitas mengadakan masa orientasi, seperti yang diadakan oleh Universitas Gadjah Mada. Universitas Gadjah Mada mengadakan suatu masa orientasi yang dinamakan Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru.
Pelatihan Pembelajar Sukses Mahasiswa Baru yang sering disebut PPSMB diadakan pada tanggal 30 Agustus sampai 2 September. PPSMB dibagi menjadi 3 yaitu PPSMB Universitas, PPSMB Fakultas, dan PPSMB jurusan.  PPSMB diadakan untuk melatih para mahasiswa baru agar menjadi orang yang berpengalaman dan sukses di masa kedepan.
Pada tahun 2012, saya sebagai mahasiswa baru Universitas Gadjah Mada wajib mengikuti PPSMB. Saya mengikuti serangkaia acara PPSMB mulai dari PPSMB fakultas hingga PPSMB jurusan. Banyak sekali pengalaman yang saya dapatkan di acara ini. Banyak pelajaran yang saya dapatkan di PPSMB tentang komunikasi.
Komunikasi sangat dibutuhkan di kehidupan ini. Tanpa adanya komunikasi kehidupan manusia terasa hampa. Maka dari itu, dalam PPSMB kita memerlukan komunikasi, karena tanpa adanya komunikasi PPSMB tidak akan berjalan dengan lancar. Komunikasi yang dilakukan dalam PPSMB  beragam, mulai dari komunikasi secara langsung hingga komunikasi secara tidak langsung.
Saat PPSMB Universitas dilakukan banyak sekali komunikasi yang terjadi. Salah satunya dalah saat para mahasiswa baru melakukan tarian sajojo. Komunikasi yang terjadi mulai berlangsung saat latihan menari sajojo dan membuat perlengkapannya. Saat berkumpul untuk membuat perlengkapan menari sajojo saya dan teman kelompok palapa mendapankan pesan singkat dari pemandu saya. Pesan singkat tersebut merupakan suatu tindakan komunikasi secara tidak langsung karena adanya perantara. Setelah berkumpul dengan kelompok palapa saya belum mengenal teman-teman saya tersebut. Lalu, saya berkenalan dengan teman-teman baru saya tersebut. Perkenalan itu berlangsung singkat. Setelah saya berkenalan dengan teman-teman saya tersebut, saya mengobrol dengan mereka dan akhirnya kami menjadi suatu kelompok dengan anggota yang akrab satu sama lainnya.
Setelah saya menjalani PPSMB Universitas, saya menjalani PPSMB Fakultas. Dalam PPSMB Fakultas berlangsung seminar dan perkenalan dengan dekan dan dosen-dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Seminar yang diadakan saat PPSMB merupakan suatu tindakan komunikasi secara langsung karena komunikasi tersebut dilakukan tanpa menggunakan perantara. Seminar yang berlangsung dalam PPSMB Fakultas ini menampilkan Velix Wanggai sebagai bintang tamu. Dalam seminar ini beliau bercerita tentang kisah hidupnya dan kehidupannya saat menempuh pendidikan Universitas Gadjah Mada. Seminar ini berfungsi sebagai penyampaian pesan. Penyampaian pesan ini dilakukan oleh Velix Wanggai sebagai bintang tamu. Namun, dalam seminar ini tidak hanya terjadi penyampaian pesan dari Velix Wanggai tetapi ada juga sesi dimana MC mengajak para audiens untuk merespon apa yang dia sebutkan. Dalam seminar tersebut terdapat sesi tanya-jawab. Sesi tersebut merupakan suatu kegiatan komunikasi, karena terdapat suatu respon dari salah satu pihak. Dalam sesi tanya-jawab juga terjadi antara 2 orang. Selain itu, setiap hari saat PPSMB kami sebagai mahasiswa baru dituntut untuk mengerjakan tugas. Dalam penyampaian tugas tersebut dibutuhkan komunikasi  karena tanpa adanya komunikasi tugas-tugas tersebut tidak dapt diketahui oleh para mahasiswa baru. Tanpa adanya komunikasi akan terjadi miss communication sehingga para mahasiswa baru tidak dapat menerima tugas-tugas PPSMB Fakultas tersebut.

Pada PPSMB jurusan yang terjadi juga terdapat berbagai macam bentuk komunikasi. Tugas-tugas yang diberikan pada PPSMB jurusan menuntut adanya komunikasi. Pertama, tugas atribut dan esai. Pada tugas atribut, tanpa adanya komunikasi kami tidak akan menyelesaikan pembuatan atribut dengan baik. Adanya komunikasi dalam pembuatan atribut ini, kita menjadi lebih terkoordinir. Sehingga, tugas tersebut dapat selesai tepat waktu dan baik. Tugas esai yang diberikan pada saat PPSMB Jurusan membutuhkan referensi atau daftar pustaka. Referensi-referensi yang kita dapatkan untuk mengerjakan tugas esai tersebut membutuhkan adanya media. Tanpa adanya media kita tidak dapat mengerjakan tugas tersebut dengan baik. Selain itu,  tugas berfoto dengan pemandu. Dengan adanya tugas ini kita mahasiswa baru ilmu komunikasi UGM 2012 dituntut untuk  dekat dengan pemandu kelompok masing-masing. Sehingga tugas ini membutuhkan adanya komunikasi antara mahasiswa baru dan pemandu  kelompok. Tanpa adanya komunikasi kita sulit menentukan lokasi berfoto dan waktunya. Pada akhir acara para panitia membuat serangkaian acara menarik, salah satunya adalah flashmob. Flahmob tersebut dibuat sedemikian menariknya, sehingga para mahasiswa baru bias lebih dekat dengan angkatan-angkatan atas kami. Flashmob menuntut kita untuk menari bersama sehingga kita membutuhkan komunikasi agar gerakan tersebut dapat seirama. Pada akhir acara kita bersalam-salaman untuk menambah kedekatan kita sebagai satu keluarga sekaligus untuk memulai awal kita berkomunikasi lebih jauh.
Pengalaman PPSMB ini sangat berarti karena kita tahu bagaimana pentingnya komunikasi dan media di kehidupan ini. Tugas-tugas yang diberikan membantu kita untuk memahami bagaimana berkomunikasi dengan baik dan bagaimana cara menjadi mahasiswa ilmu komunikasi yang baik. Tanpa adanya komunikasi dan media kehidupan ini tidak akan berkembang. Kehidupan di dunia ini akan tererhenti pada satu titik yang dianggap maksimal tanpa adanya perkembangan lagi. Maka dari itu, lihahtlah sisi positif  dari PPSMB.#BridgingCourse04

No comments:

Post a Comment